Personal

Siapa Saja Bisa Jadi Influencer!

Memberikan inspirasi atau pengaruh (positif) bagi orang lain disekitar kita tentu bisa menjadi kebahagiaan tersendiri. Entah itu melalui kegiatan sosial, ambil peran dalam sebuah gerakan hingga pengaruh melalui sebuah tulisan.

Menulis kini menjelma menjadi sebuah tren khususnya bagi para perempuan dalam berbagi inspirasi mulai dari pengalaman diri sendiri hingga sebuah ulasan atau rekomendasi. Disinilah hobi bisa berubah menjadi sebuah profesi. Sebut saja blogger atau influencer, dimana dua peran ini kini begitu nyata pengaruhnya di dunia maya.

Saya ingin menulis tapi harus mulai dari mana? Apakah tulisan saya akan dibaca banyak orang? Media atau platform apa yang recommended? Pertanyaan-pertanyaan tersebut sempat mampir dalam benak saya, hingga dapat terjawab dengan mencoba tips berikut ini :

  • Mulailah menulis APAPUN yang ingin kamu tulis selama konten tersebut positif.
  • Menjadi blogger ataupun influencer tak mengharuskan kita memiliki pengikut yang banyak. Kembali ke poin pertama, apapun yang kamu tulis selama positif, yakinlah akan memberikan manfaat bagi yang membaca.
  • Pilihlah media yang nyaman dan tak memberatkanmu. Media sosial seperti Instagram atau Facebook, sudah sangat dapat memfasilitasi kita untuk berbagi dalam skala mikro. Namun, jika kamu ingin lebih memaksimalkan tulisanmu, pilihlah media skala makro seperti website atau blog baik milik pribadi maupun user generated (membuat akun di website tertentu).
  • Maksimalkan sosial media untuk mempromosikan tulisanmu. Misalnya, lewat status WhatsApp kini kita bisa berbagi tautan yang dapat langsung kita klik tanpa perlu menyalinnya lagi di browser.
  • Ikut serta dalam komunitas atau media yang memfasilitasi anggotanya untuk dapat berbagi tulisan (artikel).

Poin terakhir, bagi saya sangat membantu untuk terus belajar dan semangat menulis. Selain karena saling mendukung antar sesama anggota, sistem points dan rewards juga menjadi daya tarik yang cukup magnetik.

Yuk mulai sebarkan kebaikan dan perubahan lewat tulisan!

Foto : storiesranty/ pribadi (@Rumah Perubahan)

Sharing is Caring :
error20

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *