Personal

Kisi-kisi Pembuatan Paspor Terkini

Beberapa bulan lagi menuju akhir tahun tiba, sudah ada rencana liburan sekeluarga? Atau jadi tim yang liburan tanpa rencana?

Bagi yang rindu menjadi asing di negeri orang, tentu harus mempersiapkan paspor ya sebagai identitas. Nah, saya mau berbagi kisi-kisi proses pembuatan paspor saya dan anak saya yang memakan waktu kurang dari 7 hari kerja saja.

Sudah mengunduh aplikasi Layanan Paspor Online? Aplikasi ini sangat membantu untuk kita mendapatkan antrean secara online, jadi sudah terjadwal kapan kita harus datang ke Kantor Imigrasi (KANIM).

Tampilan Aplikasi Layanan Paspor Online
Dokumen yang wajib disiapkan saat registrasi dan saat datang ke KANIM.

Selanjutnya, langkah-langkah hingga mendapatkan slot antrean online cukup mudah instruksinya untuk diikuti. Adapun kisi-kisi yang ingin saya bagikan :

  1. Dokumen. Persiapkan softcopy, hardcopy (asli) dan fotokopinya selama proses pengajuan pembuatan paspor. Untuk paspor anak, ada baiknua juga siapkansurat kuasa dari Suami.
  2. Kuota antrean paspor dibuka setiap hari Jumโ€™at mulai pukul 14.00 WIB.
  3. Lokasi pilihan KANIM dipetakan berdasarkan lokasi (provinsi) kita saat itu. Contoh saya di Tangerang yang masuk provonsi Banten, maka pilihan KANIM yanh muncul adalah KANIM Tangerang, ULP BSD, Soekarno Hatta, Cilegon dan Serang.
  4. Koneksi aplikasi lebih stabil digunakan tanpa koneksi WiFi.

Biaya dan Cara Pembayaran

Untuk pembuatan paspor dewasa dan anak sama-sama dikenakan biaya masing-masing Rp 350,000,-. Cara pembayarannya bisa dilakukan melalui Bank (Teller) atau via ATM. Jangan lupa untuk menyimpan bukti pembayarannya ya.

KANIM ULP BSD juga memanfaatkan fitur WhatsApp Gateway untuk menginformasikan kode pembayaran, status permohonan, waktu pengambilan paspor hingga status bahwa paspor sudah diserahkan.

Proses pembuatan paspor saat ini rasanya lebih efektif dan efisien, terbantukan oleh layanan paspor online dan info pesan online dari KANIM. Sehingga, hanya butuh kurang dari 7 hari kerja bagi saya untuk bisa mendapatkan paspor dari mulai proses datang ke KANIM untuk wawancara dan foto, proses pembayaran hingga pengambilan paspor.

Sharing is Caring :
error20

18 thoughts on “Kisi-kisi Pembuatan Paspor Terkini”

  1. Jadi ingat pertama Kali urus passport taun 2014 nunggu ya lama banget. Belum Ada sistem online hehe alhamdulillah sekarang jadi lebih mudah.

  2. Bulan Agustus kemarin, aku juga bikin pasport dan dapat antriannya dari aplikasi online ini. Alhamdulillah lancar, nyaman, dan cepet juga sih. Begitu datang langsung deh urus administrasi sesuai dengan nomor antrian. Cuma, bener tuh kalau antrian dibukanya hari Jumat sejak jam 14.00. Kalau udah lewat itu, biasanya kehabisan. harus nunggu Jumat selanjutnya.

  3. Wah cepat dan praktis juga ya bikin paspor sekarang. Kebetulan paspor anak-anak sudah mau habis, biasanya bikin di KBRI prosesnya sih cuma 2 hari kerja. Tapi karena mau back for good ke Indonesia sepertinya lebih baik bikin di Indonesia aja. Biayanya juga lebih murah.

  4. Wah kanim di jakarta utara bisa dateng aja ga mesti daftar online lho mba.. waktu itu aku pernah mau daftar eh kok di web malah gak tersedia kanim jakarta utara haha ya udah deh aku langsung cus aja ke kanim dan bikin e-passport hihii

  5. Terima kasih atas informasinya, Mba. Tambah praktis ya urusan bikin paspor dengan aplikasi seperti ini, jadi waktu juga bisa lebih dihemat dalam prosesnya. Tapi penasaran deh, bintang review app-nya termasuk agak rendah ya itu…

  6. Bikin paspor sekarang memang lebih gampang dan terstruktur sejak adanya aplikasi layanan paspor online ini. Tapi daftarnya harus jauh-jauh hari ternyata, waktu itu saya coba daftar ternyata buat sebulan ke depan antriannya sudah penuh.

  7. Ternyata buat paspor itu mudah ya. Aku belum punya paspor, karena belum butuh. Tapi mungkin suatu saat nanti aku akan bikin paspor juga. Mudah juga ya sekarang bisa ambil nomor antrean via aplikasi.

  8. Mudah juga ya bikin paspor sekarang bisa ambil nomor antrean secara online melalui aplikasi. Proses nya juga mudah. Aku belum punya paspor nih, tapi mungkin nanti aku akan bikin juga. ๐Ÿ™‚

  9. Lupa melulu mau nulis pengalaman bikin paspor hehe. Saya di Bogor jd kemarin bisa lewat WA mbak. Menurut saya skrng makin mudah ngurus paspor dan makin cepet pelayanannya ya.
    Tapi kepengen nih kalau ada kesempatan pengen bikin epaspor, sayang kami salah perkiraan pas di Bogor gak ada ternyata ada di Jkt hehe.
    Bt TFS kisi2 pembuatan paspornya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *