Parenting

BB Anak Stuck & Saat Makan Sering Menolak. (Part I)

Moms, adakah yang terwakili oleh judul artikel saya kali ini? Sebab rasanya memang sedih campur bingung saat menghadapi fase ini, semoga segera berlalu.

Sebelumnya saya ingin disclaimer bahwa artikel ini adalah pure hasil konsultasi saya dengan dokter subspesialisasi gizi anak, sehingga perlu digaris-bawahi bahwa treatment untuk setiap anak dapat dipastikan berbeda. 

3 bulan berlalu, hingga akhirnya saya sadari bahwa ada yang harus disolusikan.

Berat badan (BB) Raka naik tapi tidak signifikan, kisaran 150-200gr saja, namun demikian alhamdulillah tinggi badan (TB)nya normal. Sampai akhirnya BB Raka drop efek sakit flu, maka tak lama sayapun mencari referensi & rekomendasi dokter anak khusus case ini. FYI, saat ini Raka menuju usia 1th dengan BB 8,6kg dan TB 74cm.

Mengapa perlu dikonsultasikan? Karena khawatir ada silent disease yang mungkin jadi penyebab utama selain juga karena anak tidak terbiasa dengan jadwal makan yang teratur (seperti Raka).

Dari beberapa nama dokter dalam list yang saya peroleh dari highlight instagram dr. Meta Hanindita, akhirnya saya putuskan untuk berkonsultasi dengan DR. dr. Tinuk Agung Meilany, SpA (K). Beliau adalah dokter anak Subspesialis Gizi dan Penyakit Metabolik, bisa dijumpai salah satunya di RSAB Harapan Kita Jakarta. 

Hasil Konsultasi

  • Raka terlihat agak pucat, namun masih normal.
  • Dokter membuatkan jadwal makan harian, termasuk didalamnya ASI. susu & suplemen.
  • Jadwal tersebut wajib dijalankan selama 2 minggu kedepan, untuk mengejar kenaikan BB karena Raka kurang 2kg dari BB ideal seusianya.
  • Susu yang diresepkan : Blenuten. Suplemen ada VIP Albumin Capsul, Probi & obat racikan FA 400 mcg.
  • Makan disarankan daging giling (daging merah) dan telur.

Review untuk respon Raka & manfaat dari resep dokter Tinuk akan saya share lagi setelah 2 minggu berjalan ya Moms. Do’akan kami konsisten & berhasil menjalani treatment ini. 

Tentang dokter Tinuk

Kesan untuk dokter Tinuk, overall recommended ya. Beliau merespon baik “curhatan” saya hehe, dan juga memberikan afirmasi positif supaya saya semangat. Sangat keibuan & ramah, tidak terburu-buru dalam memeriksa padahal pasien beliau ramai. Semoga advis dari beliau cocok untuk Raka sehingga BBnya bisa naik signifikan dan sehat selalu, aamiin.

Jadwal Harian Raka by dokter Tinuk
 
Sharing is Caring :
error20

4 thoughts on “BB Anak Stuck & Saat Makan Sering Menolak. (Part I)”

  1. Assalamu’alaikum mbak riesranty salam kenal. Saya ira btw td iseng2 coba cari testimoni mngenai dr tinuk eh ngeliat blog ini btw mau tanya akhirnya apakah Raka ada perkembangan setelah mngikuti jadwal harian dr beliau dan utk susu yg dianjurkan berikut suplemennya ngefek gak ? Duuuh soalnya mamak yg satu ini pusing 7 keliling jg krn BB anak yg naiknya cuma 200 sampe 300 gr max per bln. Ok deh sip segitu aja dulu pertanyaan dan curhatannya hehehe thx ya 🙂

    1. Wa’alaykumussalam, Mba Ira salam kenal juga. Maafkan ya aku baru balas hehe. Kalau untuk ke BB alhamdulillah ada nih Mba pas bulan ini paling banyak dia naik, sebelumnya di 200-300gr, alhamdulillah bisa 500gr. Dan si jadwal makannya itu sih memang yang berpengaruh. Untuk suplemen yang beliau kasih aku gak lanjutkan Mba, krn akhirnya aku ikut saran DSA yang tiap bulan suka kami datangi. Beliau kasih suplemen Apialys & Maltofer. Lalu untuk susu, aku juga sudah ganti ke susu pertumbuhan biasa yang rasanya gak terlalu manis kayak susu formula sebelumnya. Semangat ya Mba, sekiranya penasaran dan worry gapapa better konsul aja hihi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *